Minggu, 30 September 2012

CARA MENULIS ARTIKEL DI BLOG


Tulisan ini ane buat karena ane dapet sms dari salah satu temen yang kebingungan buat memulai nge-blog aka blogging. Awalnya ane fikir kebingungan buat otak-atik template. Buat yang baru mengenal blog memang agak sulit kalau urusan ngoprek template. Tapi ternyata, hal yang ane anggap sangat mudah masih ada atau mungkin banyak orang yang belum tahu sama sekali, yakni cara menulis artikel di blog.

Sempat ane berfikir kalau ini terlalu mudah untuk dipelajari, namun ternyata bagi yang baru mengenal blog dan belum terlalu akrab dengan dunia internet hal ini bisa menjadi masalah tersendiri. Makanya ane menulis artikel ini agar masalah yang sepele tidak menjadi penghalang bagi semua orang untuk memulai belajar nge-blog alias blogging.

OK, cukup basa-basi nya. Sekarang, bagaimana cara menulis artikel di blogspot?
Pada dashbord, pilih “new post” (“entri baru” untuk bahasa Indonesia). Setelah itu agan akan masuk ke halaman entri artikelnya.
Tampilan ini adalah halaman untuk entri artikel dengan mode text editor atau compose. Perhatikan yang ane kasih kotakan warna merah. Itu adalah bagian-bagian penting untuk menulis artikel di blogspot. Pertama title adalah untuk menulis judul artikel. Kemudian ada “edit html” dan “compose” adalah untuk memilih mode atau cara penulisan artikel. Kalau agan masih baru mengenal atau belajar blog, ane sarankan untuk menggunakan mode compose karena lebih mudah, semua perintah html tidak perlu ditulis secara manual. Tapi kalau agan sudah mengenal perintah-perintah html, bisa menggunakan mode “edit html”. Selanjutnya ada “Labels” adalah tempat untuk menentukan atau mengelompokkan artikel agan pada kategori-kategori yang agan inginkan. Di bagian bawah ada pilihan “Publish Post” untuk langsung mempublikasikan artikel agan, “save now” untuk menyimpan di draft, dan “preview” untuk melihat bagaimana artikel agan akan ditampilkan. Bila dirasa sudah cocok dan mantab, bisa langsung di publish saja.

Ane rasa cukup jelas tutorial menulis artikel di blog ini. Kalau agan mungkin ada yang bingung, silahkan bertanya dengan menulis komentar di bawah. Semoga artikel ini bisa membantu agan dalam memulai belajar blogging dan tidak patah semangat untuk terus belajar.

Semoga bermanfaat. www.zubirdat1.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar